Pages

Selasa, 14 Desember 2010

Negara maju Kanada


Negara Maju : Kanada
Kanada adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan system desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi. Awalnya, Kanada merupakan sebuah persatuan dengan bekas Kekaisaran colonial Perancis dan Koloni Britania, Kanada merupakan anggota pendiri PBB, Persemakmuran, dan La Francophonie. Kanada memiliki dua bahasa resmi:
Perancis adalah bahasa mayoritas Quebec, dan banyak digunakan di New Brunswick; dan juga dipergunakan di Ontario bagian timur, utara dan barat daya; dan di komunitas tertentu di seluruh Kanada Atlantik dan Kanada Barat.
Inggris adalah bahasa mayoritas di tempat lainnya dengan pengecualian di beberapa komunitas dan territory Nunavut di mana mayoritas dari populasi berbicara Inuktitut.
Ibu kota Kanada ialah Ottawa, tempat Parlemen negara berada. Gubernur Jenderal Kanada, yang menjalankan hak istimewa pribadi yang diutus kerajaan, dan Perdana Menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, memiliki tempat tinggal resmi di Ottawa. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya.
Geografi
Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas Negara Kanada 9.970.610 km
persegi.
Kanada merupakan negara yang memiliki luas wilayah terbesar kedua di dunia, setelah Rusia.
Kanada terletak pada posisi koordinat 45°24' LU 75°40' BB. Kanada menempati setengah dari utara Amerika Utara. Ia berbatasan dengan AS di selatan dan di barat laut dengan Alaska. Negara ini terbentang dari Samudra Atlantik dan Selat Davis di timur sampai ke Samudra Pasifik di barat. Di utara terletak Laut Beaufort dan Samudra Arktik; Tanah Hijau terletak di timur laut.
Di wilayah yang padat penduduknya, musim panasa berkisar dari hangat sampai ke lumayan panas, mencapai lebih dari 30°C di Montreal dan 15°C Iqaluit, Nunavut. Di Vancouver, suhu biasanya di antara 0 sampai 25°C sepanjang tahun, namun di beberapa tempat di padang rumput, suhu dapat serendah -40°C pada musim dingin dan setinggi 35°C pada musim panas. Di wilayah Danau-Danau Besar, suhu berkisar antara -30°C sampai 35°C. Negara ini mengalami empat musim berbeda.
Iklim di negara Kanada sangat bervariasi, mulai dari hamparan salju abadi disebelah utara lintang 70 sampai tumbuh-tumbuhan yang subur di pantai barat British Columbia. Namun secara keseluruhan, Kanada mempunyai empat musim yang amat berbeda, terutama di bagian yang banyak penduduknya di sepanjang perbatasan Amerika Serikat. Pada musim panas, suhu siang hari dapat mencapai 35ºC atau lebih, dan suhu serendah -25ºC termasuk biasa di musim dingin. Suhu yang sedang atau nyaman dialami dalam musim semi dan gugur.
Demografi

Sensus 2001 mencatat 30,007,094 orang, dan dari April 2005 penduduknya telah diperkirakan Statistics Canada sejumlah 32.2 juta orang.  Kanada memiliki kepadatan penduduk sebesar 3.2 orang per kilometer persegi, yang luar  biasa rendah dibandingkan negara-negara lainnya.

Ekonomi
Kanada memiliki mata uang Dolar (CAD). Dari perkiraan tahun 2005, pendapatan total (PDB/PPP) warga Kanada adalah US$1.318 miliar. Sementara pendapatan per kapitanya adalah US$32.921.
Ekonomi Kanada sekarang ini mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomi berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Di abad terakhir, pertumbuhan luar biasa dalam produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan telah mengubah negara ini dari ekonomi pedesaan menjadi industry perkotaan. Energi dapat dipenuhi sendiri, Kanada memiliki cadangan gas alam yang banyak di pesisir timur dan tiga provinsi barat, dan juga banyaknya sumber daya lain.
Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8. Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat.
Politik dan Pemerintahan

Kanada adalah sebuah monarki konstitusional dan mempunyai sistem pemerintahan
parlementer federal .
Hak istimewa sebagai kepala negara Kanada dipegang oleh seorang Gubernur Jenderal, yang umumnya merupakan politikus senior atau orang Kanada lainnya yang menonjol, yang diangkat oleh Ratu atas nasihat Perdana Menteri Kanada. Gubernur Jenderal merupakan tokoh non-partisan yang memenuhi berbagai peran seremonial, antara lain menyediakan Persetujuan Kerajaan atas RUU yang disahkan oleh Majelis Perwakilan Rendah dan Senat, membacakan Pidato dari Tahta, menandatangani dokumen negara, membuka dan mengakhiri sidang parlemen secara resmi, dan membubarkan parlemen selama masa pemilihan.
Ratu dan khususnya Gubernur Jenderal, memimpin hanya atas nama saja serta sedikit sekali memiliki kekuasaan yang sesungguhnya, karena mereka hampir selalu bertindak sesuai nasihat dari Kepala Pemerintahan Kanada, yaitu Perdana Menteri. Mereka menjabat secara simbolis sebagai pemerintahan yang berkelanjutan, yaitu ketika sedang terjadi perubahan pemerintahan.
Kanada merupakan anggota PBB, Persemakmuran, La Francophonie, Organisasi Negara-
Negara Amerika, NATO, G8, dan APEC.

Budaya
Budaya Kanada secara besar dipengaruhi budaya dan tradisi Inggris dan Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. Di samping itu, budaya Kanada juga telah dipengaruhi budaya Amerika karena kedekatannya dengan 2 negeri dan migrasi orang, gagasan, modal, dan politik melintasi perbatasan. Walau budaya yang diwarisi itu, budaya Kanada telah mengembangkan banyak ciri unik. Dalam banyak hal, budaya Kanada yang lebih tegap dan jelas telah berkembang di tahun-tahun terkini, terutama karena rasa kebangsaan yang meliputi Kanada di tahun-tahun yang menyerahkan dan mengikuti Seratus Tahun Kanada pada 1967, dan juga karena fokus pada program untuk mendukung seni dan budaya Kanada oleh pemerintahan federal.
Pendidikan
Pendidikan di Kanada disediakan, didanai dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School , Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School) dan pendidkan tinggi (Universitas, College). Pada setiap provinsi-provinsi terdapat ada dewan sekolah yang mengawasi pelayanan pendidikan dan penyelenggaraan program-program pendidikan. Pendidikan wajib bagi pendudu kanada sampai usia 16 tahun di seluruh provinsi di Kanada, kecuali untuk Ontario dan New Brunswick, di mana usia wajib sampai 18 tahun.
Kanada mewajibkan sekolah selama 190 hari dalam setahun, secara resmi dimulai dari bulan September (setelah Hari Buruh) sampai akhir bulan Juni (biasanya hari Jumat terakhir bulan, kecuali dalam beberapa kasus di Quebec ketika itu hanya sebelum Juni 24 - provinsi hari libur ).
Kanada terkenal dengan masyarakat yang aman, adil dan damai. Tingkat kejahatan di Kanada terus menurun secara stabil sejak tahun 1990. Pada tahun 1997, laporan polisi tentang tingkat kejahatan di Kanada menurun 5 persen selama tahun keenam secara berturut-turut. Kejahatan dengan kekerasan turun untuk tahun kelima secara berturut-turut pada tahun 1997 dan tingkat pembunuhan di Kanada sekarang terhitung kurang dari satu persen dari seluruh insiden kekerasan yang dilaporkan. Tidak seperti Amerika Serikat, tetangga Kanada di selatan, senjata api di kontrol dengan ketat dan umumnya tidak diperbolehkan di Kanada.

3 komentar:

akhy mengatakan...

thank you friend to the brothers who have helped me in my search for this material ...................???

arief blog mengatakan...

komisifb.com/?id=ariefsaiful53@gmail.com...please visit this website...

agen sabung ayam mengatakan...

yuk main sabung ayam

yuk main bolavita

Posting Komentar

please comment my entry. i will happy if you comment my entry :)

Recent comments

Recent News