Pages

Selasa, 14 Desember 2010

Tahajud


Ayo Sholat Tahajud !
Bangun malam untuk sholat tahajud ? Mungkin sebagian dari teman – teman merasa bahwa sholat tahajud itu berat untuk dilakukan. Apalagi, setelah sibuk beraktivitas setiap hari inginnya pasti tidur lelap sampai pagi. Lagipula, tahajud kan hukumnya sunah.
            Tapi, bagi sebagian orang, sholat tahajud seolah-olah adalah sholat wajib. Mengapa ? karena ada beberapa keistimewaan dari sholat tahajud.
            Pertama, sholat tahajud membuat orang disiplin. Karena, dengan disiplin untuk bangun malam, tanpa disadari, telah membuat disiplin melakukan aktivitas lainnya, seperti belajar, mengerjakan tugas, bekerja, dan lain sebagainya.
            Kedua, mendekatkan diri kepada Allah. Jika diri kita dekat dengan Allah, kita akan termotivasi untuk menyelesaikan masalah hidup kita karena yakin Allah akan menolong.
            Ketiga, tahajud membantu kita untuk mencapai cita-cita kita, walaupun cita-cita itu rasanya mustahil, tapi dengan usaha keras yang diiringi sholat tahajud. Lakukan usaha sekuat tenaga dan sholet tahajud yang rutin, insya Allah cita-cita akan tercapai.
            Keempat, Sholat tahajud mengangkat derajat menuju kemuliaan, kehidupan yang lebih baik dengan ketenangan lahir dan batin. Pernah lihatkan orang biasa yang jadi pengusaha sukses ? Salah satu yang mereka lakukan selain usaha keras untuk tujuan tersebut, adalah rutin melakukan sholat tahajud. Sesuai dengan janji Allah dalam QS.Al-Isra ayat 79 :
“ Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu (wahai Muhammad) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengngkat kamu ke maqam (derajat atau posisi) yang terpuji lagi mulia.”
Nah, jadi buat yang sedang punya masalah, punya cita-cita, ingin mendapat derajat kemuliaan dari Allah, yuk sholat tahajud. Kalau masih ragu, ada sebuah kisah nyata.
            Pada tahun 1998, banyak terjadi kerusuhan. Terutama yang berlatar perbedaan etnis. Ada seorang perempuan bernama Mega. Dia cina keturunan. Wajahnya yang putih dan matanya yang sipit tidak bisa menyembunyikan kalau dia adalah anak Cina.
            Ketika kerusuhan terjadi, orang-orang yang dianggap Cina, dianiaya dan dikejar-kejar agar meninggalkan tempat itu. Keluarganya sudah pergi mengungsi ke kota yang lebih aman. Namun, dia belum pergi karena mengurus kepindahan sekolahnya. Setelah keluarganya pergi, ia tinggal berdua dengan pembantunya. Pembantunya memiliki kebiasaan rutin sholat tahajud, iapun menjadi sering mengikuti pembantunya sholat tahajud.
            Keesokan harinya, ia telah selesai mengurusi kepindahan, dan ia harus pergi menyusul kepergian keluarganya. Tapi, dari sekolahnya, ia bingung karena jikaia pulang ia akan diperiksa dulu oleh massa. Dengan bantuan temannya, ia pulang ke rumah dengan memakai mukena. Ternyata saat diperiksa ia tidak ketahuan. Di rumah ia mengemasi barang-barangnya untuk ke tempat pengungsian keluarganya. Di bandara, ia berhadapan kembali dengan orang-orang yang beringas. Anehnya, ia langsung diizinkan pergi.
“Gadis Jawa kayak gitu, masih kamu tahan-tahan juga. Tidak lihat apa matanya yang besar dan kulitnya yang hitam?” seru salah satu diantara mereka.
            Sesampainya ia di kota tempatkeluarganya mengungsi, para tetangga pun masih mengatakan ia seperti orang Cina. Ia semakin yakin akan kebesaran Tuhan. Ia pun ingat pembantunya yang membuat dia terbiasa sholat tahajud.
            Setelah mengetahui kisah di atas, sudah tidak ragu lagi dong untuk sholat tahajud.  Terlebih lagi, tahajud memiliki banyak manfaat. Mau tahu apa manfaatnya ?
1.      Akan dipelihara oleh Allah dirinya dari segala macam marabahaya.
2.      Akan ditampakkan tanda-tanda keimanannya (kata-katanya) pada wajahnya.
3.      Ia akan disukai di hati orang sholeh dan orang lain pada umumnya.
4.      Setiap perkataanya mengandung hikmah (arti) dan dituruti oleh orang.
5.      Dikaruniai oleh Allah paham kecerdasan agama.
6.      Dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah bercahaya.
7.      Selalu dimudahkan hisabnya.
8.      Berjalan di atas shirath bagaikan kilat.
9.      Diberi buku catatan amalnya di tangan kanannya di hari kiamat.
Banyak kan manfaatnya ? Mulai sekarang ayo kita sholat tahajud. O iya, kalau kita ingin sholat tahajud, biasanya ada syaitan selalu ingin mengganggu kita dalam melakukan sholat tahajud. Syaitan mengganggu kita yang ingin sholat tahajud dengan membisikkan kepada kita untuk tidur saja daripada melakukan sholat tahajud. Ada cara-cara agar kita bisa bangun malam untuk melakukan sholat tahajud dan tidak tergoda oleh syaitan. Yaitu dengan menguatkan niat kita melakukan sholat tahajud.
Jika kita bangun pada malam hari untuk melakukan sholat tahajud tetapi kita masih mengantuk, tekadkan niat kita melakukan sholat tahajud. Sedangkan bila kita tidak bisa bangun pada malam hari, sebelum tidur, kita kuatkan niat pada malam hari ingin melakukan sholat tahajud. Insya Allah pada malam harinya kita akan bangun seperti ada yang membangunkan kita. Semua itu tergantung pada niatnya.
Jadi, setelah kita mengetahui keistimewaan sholat tahajud, kisah nyata tentang keistimewaan tahajud, manfaat tahajud, dan cara bangun malam hari, tunggu apa lagi ? ayo mulai sekarang kita sholat tahajud !

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear, sholat tahajudnya lanjutkan...ditambah bangunin neng Iya yg imut tea...:$

ghina husniyya mengatakan...

okee mama... :e

Anonim mengatakan...

amieen

Posting Komentar

please comment my entry. i will happy if you comment my entry :)

Recent comments

Recent News